Pages

Cara Mencari MAC Address Anda


Cara Mencari MAC Address Anda

Apakah Anda perlu mencari tahu apa alamat MAC Address Anda? Artikel di sini akan menjelaskan bagaimana melakukan hal itu .

Tapi pertama-tama jika Anda belum mengetahuinya, inilah yang disebut dengan MAC Address (kutipan dari Wikipedia):



MAC Address (Media Access Control Address) adalah sebuah alamat jaringan yang diimplementasikan pada lapisan data-link dalam tujuh lapisan model OSI, yang merepresentasikan sebuah node tertentu dalam jaringan. Dalam sebuah jaringan berbasis Ethernet, MAC address merupakan alamat yang unik yang memiliki panjang 48-bit (6 byte) yang mengidentifikasikan sebuah komputer, interface dalam sebuah router, atau node lainnya dalam jaringan. MAC Address juga sering disebut sebagai Ethernet address, physical address, atau hardware address.

Jadi apa yang harus Anda lakukan untuk mendapatkan MAC Address? Ini cukup sederhana sebenarnya.

Di sini kita mulai:

1). Klik menu Start kemudian klik Run. Pada kotak teks, ketik CMD. Klik OK.

2). Dalam jendela DOS (kotak hitam), ketik di bawah ini tanpa tanda kutip: “ipconfig /all” dan tekan Enter.

Anda akan melihat banyak hal yang mungkin tidak masuk akal. Pada dasarnya, perintah ini memberikan semua informasi untuk setiap kartu jaringan di sistem Anda, termasuk jaringan kabel adaptor, adaptor bluetooth, dan adaptor nirkabel.

Jadi Anda harus melihat di bawah judul spesifik yang Anda butuhkan karena setiap adaptor akan memiliki MAC Address sendiri.

Alamat MAC Address biasanya item terakhir dalam daftar untuk setiap adaptor dan itu disebut Phyical Address. Anda akan melihat sepasang angka yang dipisahkan oleh titik dua, seperti 00:F2: 96:3E.. dan seterusnya.

Ini adalah alamat MAC Address Anda untuk adapter tertentu.

No comments:

Post a Comment